08 Oktober 2008

Membuat media presentasi atau media pembelajaran melalui powerpoint untuk saat ini sangatlah penting apalagi digunakan untuk mempresentasikan di depan peserta atau siswa akan sangat membantu untuk meningkatkan minat peserta untuk tetap fokus terhadap apa yang dipresentasikan.

Terkait dengan pembuatan media presentasi ini tentunya belumlah lengkap jika dalam penyusunanannya belum dilengkapi dengan animasi-animasi, karena dengan adanya animasi-animasi semakin membuat orang untuk tetap betah di tempat duduknya. Tapi mesti diingat dalam mendesain media presentasi dengan memberikan animasi berusalah memberikan animasi-animasi yang terkait dengan bahan media tersebut, justru dengan animasi pula kadang perhatian orang berkurang (baca di sini: animasi yang tidak terkait dengan bahan media)


Untuk itu dalam tulisan ini, saya hanya ingin memberikan tips membuat animasi dengan memanfaatkan fasilitas custom animation dengan add effect , dengan syarat saya menganggap bahwa pembaca sudah memiliki gambar, foto, atau apapun bentuknya (yang jelas bisa dianimasi).

Pada Microsoft Office Powerpoint 2007, perintah-perintah animasi terdapat pada addres bar Animations - Custom Animation – Add Effect. Pada Add Effect terdapat empat pilhan yang dapat dipergunakan untuk membuat animasi sehingga menghasilkan animasi sesuai dengan keinginan kita.

Empat pilihan animasi powerpoint, sebagai berikut :
  • Entrance
  • Emphasis
  • Exit
  • Motion Path

  • Berikut ini penjelasang masing-masing efek animasi powerpoint 2007.
    1. Entrance (Masuk)

    2. Efek animasi ini lebih mengkhususkan kepada bentuk animasi masuk setelah diberikan perintah, animasi ini akan muncul ketika diklik pada halaman slide. Beberapa bentuk animasi Entrance sebagai berikut :
      1. Basic
      2. Subtle
      3. Moderate
      4. Exciting

    3. Emphasis (Menegaskan)

    4. Bentuk animasi ini adalah lebih menegaskan apa yang sedang kita animasi, bentuk penegasan lebih berupa perubahan warna dasar, perubahan warna teks, perubahan bentuk (lebih besar dari gambar aslinya) atau perubahan warna yang diserta dengan perubahan gerakan. Bentuk animasi memeliki juga empat pilihan yang sama dengan bentuk animasi Entrace, yaitu :
      1. Basic
      2. Subtle
      3. Moderate
      4. Exciting

    5. Exit (keluar)

    6. Bentuk animasi point ke 3 ini sama dengan namanya yaitu exit atau keluar, artinya bentuk animasi akan meninggalkan posisinya ketika diberikan perintah keluar atau dengan cara mengklik halaman slide. Dapat dikatakan bahwa ketika sebuah gambar/foto posisinya sudah berada pada halaman slide lalu akan keluar ketika diklik, kebalikan dari bentuk animasi entrance (masuk). Bentuk animasi yang terdapat pada animasi exit (keluar), yaitu :
      1. Basic
      2. Subtle
      3. Moderate
      4. Exciting

    7. Motion Path (Garis)

    8. Bentuk animasi pada bagian terakhir efek animasi powerpoint 2007 adalah Motion Path, Motion Path lebih menekankan kepada bentuk animasi yang bergerak mengikuti bentuk lintasan (garis). Misalkan, sebuah lingkaran kecil diberikan efek animasi melalui Motion Path dengan bentuk garis lurus dari atas ke bawah (downe) maka lingkaran tersebut akan bergerak berbentuk garis lurus ke bawah atau mengikuti garis putus-putus yang muncul pada halaman kerja powerpoint 2007. Ada 3 (tiga) pilahan animasi yang ada pada Motion Path, yaitu :
      1. Basic
      2. Lines & Curves
      3. Special
      Selain ketiga bantuk-bentuk animasi tersebut, masih terdapat bentuk pilihan animasi yang dapat dipergunakan, yaitu Draw Custom Path yang juga memiliki empat pilihan bentuk, yaitu line, curve, freeform, dan scribble. Pemanfaatan Ke-4 pilihan dapat dipergunakan dengan menggunakan mouse yang dapat membuat garis sesuai dengan keinginan pembuatnya. Empat pilihan animasi pada powerpoint 2007 di atas dapat digabungkan pada 1 buah gambar sehingga menghasilkan animasi yang betul-betul mewakili bentuk yang sesungguhnya, asalkan pembaca sudah mengetahui bagaimana bentuk gerakan yang akan kita buatkan animasinya, selain itu pengaturan waktu, bentuk gerakan, ukuran, dan tombol pemicu gerakan dapat pula di modifikasi

      Ke-4 pilihan animasi yang terdapat pada powerpoint 2007 inilah yang penulis pergunakan sehingga dapat menghasilkan animasi-animasi fisika (gerak gelombang, polarisisasi, gerhana matahari, animasi pegas, animasi jangka sorong dll)


    Anda guru fisika? : Download Animasi Fisika

    Wassalam


    TIM Lensa Ilmu Sulsel

    2 komentar:

    1. ARIF Rahman 09 _fisika DJumat, 16 April, 2010

      ass,,,,,, pak sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih atas adanya blok ini,saya khususnya sangat trbntu bangat,,,,,,

      BalasHapus
    2. parah gak ada yang lain ya??
      tapi makasih ya...

      BalasHapus