Trending
Loading...
18 Agustus 2009

OBSESI MULTIMEDIA FISIKA INTERAKTIF DI 64 TAHUN INDONESIA MERDEKA

Tidak terasa usia kemerdekan Indonesia menunjukkan angka 64 tahun, sebuah angka yang sudah dapat dikatakan sebagai usia yang sudah sangat matang, matang dalam memerdekaan diri untuk membangung bangsa ini, matang dalam memerdekaan hak-hak rakyat Indonesia, dan matang di segalah bidang.


Pemerintah dengan segala upaya telah melakukan berbagai usaha untuk mampu memberikan yang terbaik untuk rakyatnya dalam mencapai kemerdekaan sesuai dengan substansi kemerdekaan itu sendiri, namun tetap saja usaha tersebut tidak merata, tidak adil bahkan disisipkan berbagai kepentingan pribadi dan golongan di luar kepentingan untuk rakyat. Jadinya, rakyat tetap saja bahwa kemerdekaan hanya dimiliki oleh sebagian orang, rakyat bebas dari penjajah bangsa asing tapi terbelenggu dengan penjajah pribumi pada berbagai kebijakan, program, proyek, dan sebagainya.

Memerdekan tiap individu dari semua aspek yang terkait dengan kehidupan masyarakat memang sebuah misi impossible, sesuatu yang mustahil jika dipandang dalam bermasyarakat , berbangsa dan bernegara, karena dalam kodrat manusia memang sudah digariskan sebuah dinamika yang semuanya tidak akan pernah sama, kadang tangan di atas dan kadang di bawah, kadang sejahtera dan kadang sengsara, ini hari miskin didalangi besok mungkin rezki menaungi, dengan logika kaki saja tak pernah bergerak secara bersamaan dalam melangkah, begitulah kehidupan manusia dengan kodratnya.
Mengisi kemerdekaan bukan saja kita mengharap uluran tangan dari pemerintah dengan berbagai kebijakan pro rakyat, akan tetapi bagaimana kita mengisi kemerdekaan untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Saya ingin meminjam sebuah pepatah “jangan pernah bertanya apa yang telah diberikan oleh negara tapi tanyakan apa yang telah kau berikan negara”. Pepatah yang sangat menggugah kita

Tepat di usia 64 Tahun Indonesia Merdeka kami dari LSM Lensa Ilmu dengan Bugishq Blog mencanangkan sebuah obsesi besar melakukan pengembangan multimedia pembelajaran fisika interaktif yang kemudian hasil pengembangan tersebut direncanakan digunakan dalam dunia pendidikan, mungkin bisa disebut sebagai upaya untuk memerdekakan dunia pendidikan karena pemerataan sarana dan prasarana belumlah seimbang.

Fakta pada kota besar dengan daerah yang terpencil sangat jauh perimbangannya, mungkin saja pemanfaatn multimedia interaktif di kota besar tiap siswa dimanjakan dengan sarana dan prasarana yang lengkap sedangkan di satu sisi yang jauh gurupun tidak dilengkapi, sedangkan dalam waktu tertentu mereka diperhadapkan sebuah situasi untuk mempertaruhkan dan meloloskan diri dari bangku sekolah dengan sistem ujian nasional sebagai standar yang disebut UAN, padahal sarana dan prasarana mereka tidak distandarkan.

Memang kita akui bahwa obsesi ini mungkin saja sebuah obsesi impossible, karena ini terkait dengan proses yang panjang, memerlukan tenaga, pikiran dan tak kala pentingnya adalah memerlukan biaya. Semangat mungkin hanyalah sebuah modal terbesar dari LSM Lensa Ilmu dan Bugishq blog pada obsesi tersebut, semangat memajukan pendidikan Indonesia merupakan modal terbesar, karena itu pemilihan hari tepat di tanggal 17 Agustus 2009 dengan usia 64 tahun Indonesia Merdeka adalah waktu yang tepat untuk membangkitkan semangat, semangat perjuangan. Merdeka!

1 komentar:

  1. Fisika dan manajemen semangat.kunjungiki' muren ayu indirah............
    tabe'di............

    BalasHapus

Copyright © 2012 LENSA ILMU All Right Reserved
Designed by Odd Themes
Back To Top